top of page

Perkuat Ekosistem Digital Tanah Air, Bank Mandiri Dukung Peresmian Solo Technopark




Solo, 8 Februari 2023 - Dalam mendorong pertumbuhan bisnis yang inklusif dan berkelanjutan, Bank Mandiri secara konsisten terus memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana transformasi layanan kepada masyarakat. Konsistensi ini juga diwujudkan perseroan lewat keterlibatan dalam pengembangan Kawasan Sains dan Teknologi Solo Technopark (STP) yang telah secara resmi dibuka untuk umum pada Senin (6/2) lalu.


Kawasan yang diresmikan secara langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato dan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka ini, turut dihadiri oleh Sekda Provinsi Jawa Tengah Sumarno dan Direktur Keuangan & Strategi Bank Mandiri Sigit Prastowo beserta Satuan Kerja Perangkat Daerah setempat.


Dalam sambutannya pada awal pekan ini, Airlangga berharap kawasan itu mampu menciptakan start up, memperkuat kolaborasi lintas sektor dan multistakeholders, serta menjadi solusi inovatif untuk memenuhi kebutuhan teknologi bagi semua. Pembaruan kawasan ini juga menjadikan Solo Technopark sebagai ikon Kota Solo, dan diharapkan dapat menjadi sarana untuk mengembangkan kompetensi Sumber Daya Manusia, khususnya mempersiapkan putra-putri daerah menuju persaingan era teknologi.


Sementara itu, Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Sigit Prastowo mengatakan Bank Mandiri siap mendukung pengembangan Solo Technopark (STP) melalui peningkatan kualitas UMKM, layanan transaksi digital dan dukungan pengambangan aplikasi Indonesia Digital Technopark.


Lebih lanjut, Bank Mandiri juga melakukan peninjauan fasilitas kawasan sains dan teknologi untuk memantapkan dukungan perseroan. Antara lain, penyediaan Mandiri Digipreneur Hub yang merupakan sarana peningkatan kapasitas UMKM dan coworking space bagi masyarakat untuk saling bertukar ilmu dan berkreasi serta Mandiri Digital Box, fasilitas bertransaksi yang memberikan digital experience bagi nasabah dan mampu mendukung kebutuhan dan layanan keuangan kegiatan bisnis di STP.


“Sejalan dengan dukungan kami untuk meningkatkan kualitas UMKM Kota Surakarta, sampai dengan saat ini Mandiri Digipreneur Hub telah memiliki lebih dari 500 UMKM Binaan dengan total pengguna livin sebanyak 421 user, 376 QRIS dan penyaluran KUR mencapai lebih dari Rp 5 miliar,” ungkapnya dalam keterangan resminya, Rabu (8/2).



Tidak hanya itu, Bank Mandiri bersama pihak STP juga berkolaborasi dalam pengembangan digital super platform bertajuk Indonesia Digital Technopark. Melalui aplikasi ini, para pengguna dan calon pengunjung dapat dengan mudah menikmati dan terlibat dalam Virtual Tour, e-commerce, e-training hingga e-talent.

Dalam kesempatan tersebut, Bank Mandiri juga memperkenalkan aplikasin pengajuan kredit secara online, Mandiri Pintar (Manpin). Lewat kehadiran aplikasi ini, diharapkan dapat mempercepat proses penyaluran kredit sehingga dapat lebih cepat tanpa harus ke cabang. Apalagi, aplikasi Manpin telah terkoneksi langsung dengan Sistem Dukcapil, Sistem Informasi Informasi Keuangan (SLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) sehingga pada saat survey dapat memberikan keputusan kredit secara realtime.

“Harapan kami, kehadiran Bank Mandiri di Solo Technopark diharapkan mampu mensupport Solo Technopark (STP) menjadi kawasan terpadu di dunia industri, perguruan tinggi, riset dan teknologi serta kewirausahaan berbasis teknologi dan inovasi bagi industri kecil menengah dalam rangka peningkatan daya saing dan pertumbuhan ekonomi daerah,” pungkasnya.


Tentang Bank Mandiri

Bank Mandiri merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan layanan finansial kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Hubungan Kelembagaan, Commercial, Micro & SME, Consumer Banking, Treasury dan International Banking. Bank Mandiri pada saat ini bersinergi dengan beberapa perusahaan anak untuk mendukung bisnis utamanya yaitu: Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Indonesia (perbankan syariah), Bank Mandiri Taspen/Mantap (kredit UMKM), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Mandiri InHealth (asuransi kesehatan), Mandiri AXA General Insurance (asuransi umum), Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan), Mandiri Utama Finance (jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (remitansi), Mandiri Europe (treasury & financial institution), dan Mandiri Capital Indonesia (pembiayaan modal ventura).

Dalam ekspansi bisnis, Bank Mandiri terus mengembangkan layanan dan produk perbankan digital yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan nasabah korporasi dan retail. Kopra by Mandiri merupakan solusi digital bagi industri nasional yang menyatukan para korporasi sampai pelaku usaha kecil menengah dalam suatu ekosistem digital single access yang sangat mudah dan solutif seperti layanan Cash Management, Forex, Trade & Guarantee, Supply Chain Management, Virtual Account sampai solusi keuangan terintegrasi berbasis Application Programming Interface (API). Sedangkan layanan digital retail meliputi aplikasi Livin’ by Mandiri, kartu prabayar Mandiri e-money, serta layanan informasi berbasis kecerdasan buatan Mandiri Intelligent Assistant (MITA) pada akun resmi WhatsApp Bank Mandiri di +62 811-84-14000.

Hingga Desember 2022, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 4.050 jaringan kantor, yang terdiri dari 2.363 kantor cabang dan 1.687 kantor mikro. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 13.068 unit ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, Electronic Data Capture (EDC) serta jaringan e-banking yang meliputi New Livin' by Mandiri, SMS Banking dan Call Center 14000.


Informasi detail tentang Bank Mandiri bisa diakses melalui www.bankmandiri.co.id


33 views0 comments

Comments


bottom of page